TOP

Menjer Lake atau Telaga Menjer

Telaga Menjer
24/02/2011, Telaga Menjer atau Menjer Lake menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Wonosobo. Telaga menjer menjadi salah satu telaga yang terbentuk secara alami dengan tebing-tebing yang menawan yang menjadi pagar danau tersebut. Telaga menjer kini baru sedikit perubahan. Pemerintah Wonosobo belum secara maksimal mengelola potensi-potensi wisata, namun keindahan Telaga Menjer masih sedap dipandang mata. 

Tanpa Pengaman Di Telaga Menjer
Telaga Menjer terletak kurang lebih 15 km di sebelah utara dari pusat kota Wonosobo, sejalur dengan jalur wisata menuju ke Dieng. Namun jalan menuju Telaga Menjer harus ditempuh dengan hati-hati karena jalannya memiliki kelokan-kelokan yang tajam. Kerindangan pepohonan menaungi perjalanan menuju Telaga Menjer. Di perjalanan kalau Anda teliti akan mendapatkan anggur desa atau yang di sebut sebagai buah Ranti. Buah ini tumbuh secara liar di pinggir jalan. Warna buah Ranti tersebut berwarna hitam rasannya manis. 

Telaga Menjer banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan manca negara. Dengan tujuan wisata yang bermacam-macam ada yang sekedar melepas lelah, ada yang meneliti secara alamiah, adapula untuk mengisi hari libur. Walau penataan dan fasilitas belum begitu lengkap namun sudah dapat memuaskan para wisatawan. 

Mancing Di Telaga Menjer
Di Telaga menjer terdapat beberapa perahu untuk berkeliling menikmati panorama alam. Harga sewa perahu hanya sebesar 50 ribu rupiah untuk 10 orang. Telaga Menjer dimanfaatkan untuk irigasi, PLTA Garung, dan juga untuk pemeliharaan ikan dalam keramba. Akan tetapi bagi Anda yang hobi memancing diperbolehkan secara gratis. Oh ya untuk tiket masuk per anak Rp. 2.000, sedangkan untuk oarang dewasa Rp.3000. Sebelum masuk telaga terdapat taman bermain anak. Dapat digunakan untuk bersantai dengan keluarga. 

Bermain Di Taman Telaga Menjer
Jadi Telaga Menjer masih menjadi primadona wisatawan, walaupun masih mengharapkan sentuhan pemerintah. Namun antusiasme wisatawan semakin meningkat dari tahun ke tahun apalagi kalau ditambah fasilitas yang lebih memadai.

0 komentar: