TOP

Pengembangan RPP


Bapak sumadi, 6/10/2010 pengawas TK dan SD Kec. Kejajar, wonosobo pada pelaksanaan inservis di SD ma'arif Tieng. Diharapakan dalam pelaksanaan KKG bermutu ini dapat meningkatkan hasil kearah yang lebih baik bagi dunia pendidikan Wonososobo. Dalam sela-selanya dimukakan KKM dibuat pada awal tahun pembelajaran. KKM berlaku untuk satu tahun pelajaran. KKM ada dua jenis yaitu KKM individual dan KKM klasikal.

RPP pada dasarnya ditujukan untuk keberhasilan siswa dalam pembelajaran bukan semata sebagai syarat untuk kenaikan pangkat. Dalam pembuatan RPP berdasarkan kurikulum yang telah berlaku dan dikembangkan sesuai dengankeadaan lingkungan sekitar atau kondisi setempat. RPP tematik itu apa ? lebih jelasnya adalah pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan tema. Akan lebih jelas jika dalam RPP tematik digambarkan jaring-jaring tema.

Misalkan ada tema diri sendiri dalam pembuatan RPP standar kompetensi per mapel harus ditulis. Dalam pelaksanaannya tidak harus dilaksanakan dalam satu hari.
tujuan pembelajaran dapat dilaksanakan pada tahun yang akan datang selama tidak ada perubahan kurikulum.

Dalam pelaksanaan evaluasi diharapkan dilaksanakan dengan jenis soal yang berbeda tidak hanya uraian saja harus ada pilihan ganda atau yang lainnya. Fungsi soal untuk ngecek apakah pembelajaran tersebut sudah tercapai apakah belum.Hal ini akan mengukur kemampuan siswa secara individu.

Pada pelaksanaan Inservis bapak ibu guru diberi tugas untuk membuat Rpp secara individu. Hal ini dimaksudkan agar lebih paham dalam pembuatannya. " Tidak ada Rpp yang salah, yang salah jika Bapak Ibu tidak membuatnya" Kata Bapak Sumadi.

0 komentar: