TOP

ADA ALAT PERAGANYA KOK HASILNYA KURANG

Contoh Case Study 2


Pagi ini seperti biasa aku berangkat sekolah dengan niat untuk mencerdaskan anak-anak. Jarak SDN 1 Parikesit, Kejajar, Wonosobo dari rumah ku tidak jauh. Hanya kurang lebih 1,5 km jika ditempuh hanya 10 menit. Hujan gerimis menyambut kedatanganku di sekolah. Ku baca sepintas materi yang akan saya sampaikan pagi itu.
Alat Peraga Bola Dunia
Pukul 7.15 WIB lonceng berbunyi tanda mulainya proses pembelajaran. Aku pun menuju kelasku. Kubawa semua peralatan yang aku telah siapkan. Hari ini aku akan mengajar IPS dengan materi Kenampakan alam dan keadaan social di asia tenggara. Pembelajaran di awali dengan berdoa, presensi kehadiran siswa. Pembelajaran ini merupakan pokok bahasan yang baru bagi anak. Makanya kami mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap. Karena aku berharap agar hasil pembelajaran nantinya menghasilkan nilai yang baik.

Aku mulai pembelajaran dengan memberikan beberapa pertanyaan ke siswa ”Siapa yang yang pernah melihat negara indonesia di peta?” Anak-anak menjawab dengan berebutan. ”saya pak !” semua siswa menjawab. Coba kamu tunjukkan letak wilayah negara Indonesia di peta yang sudah saya bentangkan di depan kelas. Salah satu siswa yang bernama Muahmad aku tunjuk untuk menunjukkannya. Selanjutnya aku menanyakan letak dan batasnya wilayah negara Indonesia. Ternyata ia dapat menunjukkan gambar peta Indonesia dan batasnya dengan benar. Semua siswa dengan tertib memperhatikan proses pembelajaran tersebut dengan penuh perhatian. Selanjutnya aku menyebutkan sebuah negara Malaysia. Siswa pun berebut untuk menunjukkan letak nya. Dan ternyata saya  pilih dengan acak siswa tersebut benar dalam menentukkan letak wilayah negara Malaysia. Dilanjutkan aku menanyakan letak secara astronomi negara Indonesia. Semua siswa terdiam. Ada dua anak afrizal dan ningam yang menunjukkan jari. Kemudian mereka berdua aku minta menuliskannya di depan kelas. Ternyata jawabannya benar.


Inti kegiatan pembelajaran dimulai dengan membagi siswa dalam kelompok sedang berpasangan (4-5). Dilanjutkan Aku menerangkan tentang materi negara thailan, malaysia, singapura, brunai darusalam, filipina, vietnam, myanmar, kamboja, laos, timor leste, dan papuan nugini. Pada materi tentang keadaan alam negara tersebut. Aku memberikan tugas kepada mereka untuk mencari kendisi alam di negara setempat. Aku mengerjakan administrasi (menyelesaikan RPP dan perangkatnya) ketika mereka mengerjakan tugas dan sesekali aku tengok mereka karena muncul suara gaduh.

Setelah beberapa kelompok siswa maju mempresentasikan hasil pekerjaannya ternyata hasilnya bagus semua materi tentang keadaan alam negara tetangga sudah diringkas dengan baik. Selanjutnya aku menanyakan apakah ada yang mau ditanyakan? Semua siswa terdiam aku beranggapan siswa sudah tahu tentang keadaan alam negara tetangga. Selanjutnya aku memberikan evaluasi sebanyak 20 soal ternyata hasil evaluasi hanya 30 % siswa yang mendapat nilai diatas standar KKM. Aku menertapkan standar KKM sebesar 64,5 pada mata pelajaran IPS. Jadi Pembelajaran yang aku lakukan kurang berhasil.

0 komentar: