TOP

Bawa Perubahan Pendidikan Kita Sekarang



Bahwa Kwalitas bangsa ditentukan oleh kwalitas pendidikannya. Pada anak-anak kelas 1 SD sering diceritakan sebuah cerita yang berjudul "Kancil nyolong timun" ini membawa pengaruh yang kurang bagus. Implementasi tersebut menimbulkan penanaman konsep yang salah. Yang menjadikan adanya Korupsi di Di negeri ini. Budaya keterlambatan berasal diimplementasikan sebuah lagu yang sering kita dengar yaitu "lagu mentok-mentok". Guru sebagai ujung tombak pendidikan harus tampil memukau didepan kelas agar siswa memiliki perhatian yang lebih. Dalam sebuah cerita yang menimbulkan konsep yang tidak bagus misalnya Pada Cerita Ken Arok. Yang menimbulkan efek yang kurang baik pada politik pemerintahan saat ini.
Karakter kita perlu dibenahi. Pendidikan dasar menjadi penting sekali. Sebaik-baiknya tempat untuk menabur yang akan kita petik diakhirat adalah ruang kelas. Guru diharuskan dapat membawa perubahan serta menyiapkan generasi bangsa setiap paginya. Guru juga harus dapat membentuk anak yang tidak mempunyai motivasi menjadi punya motivasi. kesalahan terbesar guru adalah menyalahkan anak tidak belajar. 100.000 milyar lebih sel bekerja di otak, bahwa manusia sebenarnya menjadi manusia pembelajajar.
Galileo mengatakan tidak belajar maka modar wae, jangan jarkoni nanti tuhan akan marah. Jadi makin tua sebaiknya makin gila belajar. Seringkali guru mengatakan salah, walaupun ia belum pernah membahas buku. Murid-murid yang bangetan hal ini dikarenakan guru tampil tidak memukau. Jangan Sekali-kali menyalahkan anak jadikan Efree Child untuk anak. Guru yang tidak bisa komputer akan mengganjal pendidika. Dalam pembelajaran harus mengembangkan kedua otak anak yaitu otak kanan dan kiri. langkah dalam pembelajaran sebaiknya difikirkan, didiskusikan untuk membawa perubahan.
Otak orang Indonesia dan Negara lain adalah sama yang tidak dipunyai orang indonesia adalah ketekunan. Kalau kita ingin merubah dunia pendidikan maka kita harus menjadi manusia pembelajar.
Lesson study tanpa ditata akan mimpes. Yang nantinya akan membentuk ekonomi yang berbasis pengetahuan. Guru harus dapat menjadikan ruang kelas menjadi lahan infestasiyang baik bagi guru. Guru seringkali melakukan hal-hal yang tidak perlu misalkan muridnya dibuat mengkerut, sedang bapaknya yang dikembangkan. murid yang tegang tidak akan masuk materinya. contoh balikan yang baik terhadap anak : hari ini saya mendapatkan jawaban yang luar biasa dapat juga membandingkan dengan orang yang hebat dengan apa yang telah kita lakukan. Mudah-mudahan guru menjadi ahli surga semuanya. Jika kita mencintai tunjukkanlah. Jika kita tidak belajar tidak hidup. Wisuda adalag lonceng kematian bagi belajar. Ada tiga kelompok orang dimanakah anda ? :
1. Orang yang membuat perubahan,
2. Orang yang menonton perubahan,
3. Orang yang tidak tahu perubahan.
Orang yang berilmu jika tidak melaksanakan ilmunya siap-siap aja menerima azap. Jadikan moto guru adalah "belajar, belajar.., belajar.. baru mengajar". Jangan sampai "ngajar, ngajar, ngajar, belajar" (modar)
Guru adalah teman belajar siswa. Belajar bisa dimana-mana. Guru memberikan informasi tidak lebih 30 menit.
Program induksi dimaksudkan agar guru dalam mengajar dengan sangat baik. Hal ini disampaikan pada peserta dari Wonosobo saat Penataran KKG Bermutu di Solo.
kalo masih ada hal yang belum jelas atau tidak tahu tanyakan saja ke mbah Google.

INDUKSI GURU PEMULA
(Drs. Muchlas Yusak, Dipl,Appl.Ling, Widyaiswara LPMP Jawa Tengah Juli 2010)

0 komentar: