TOP

PAIR CHEKS

SPENCER KAGEN
1993
APA YANG DILAKUKAN?

BEKERJA BERPASANGAN
    Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih
PELATIH MENGECEK
    Apabila patner benar pelatih memberi kupon
BERTUKAR PERAN
    Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah 1 – 3
PASANGAN MENGECEK
    Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban
PENEGASAN GURU
    Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep
TOP

TIME TOKEN

ARENDS 1998

Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah :
Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon
Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
Dan seterusnya
TOP

COMPLETTE SENTENSE

Media : * Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
Guru menyampaikan yang ingin dicapai
Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan waktu secukupnya
Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
Bagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)
Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
Bicarakan bersama-sama anggota kelompok
Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
Kesimpulan
TOP

CONSEPTSENTENSE

Langkah-langkah :
Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
Guru menyajikan materi secukupnya
Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru
Kesimpulan
TOP

TAKE AND GIVE

MEDIA :
Kartu ukuran ± 10x15 cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK
Kartu contoh sejumlah siswa

CONTOH Kartu :
menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh
Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give)
Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
Kesimpulan


langkah-langkah
berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
Kesimpulan Langkah-langkah :
Siapkan kelas sebagaimana mestinya
Jelaskan materi sesuai TPK
Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh
Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give)
Untuk mengevaluasi keberhasilan
TOP

SCRAMBLE

MEDIA :
Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan TPK
Buat jawaban yang diacak hurufnya

Langkah-langkah :
Guru menyajikan materi sesuai TPK
Membagikan lembar kerja sesuai contoh
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.


1.  Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
2.  ... digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.  Uang ... saat ini banyak dipalsukan
4.  Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai ...
5.  Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai ...
6.  Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut ...
7.  Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai ...
8.  dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut ...
9.  perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di    bank untuk membayar sejumlah uang disebut ...


B
1.TARREB ..................................
2.GANU .......................................
3.TRASEK ....................................
4.KISTRINI ....................................
5.LIRI .............................................
6.SRUK .......................................
7.MINALON ...............................
8.SAKSITRAN ..............................
9.KEC ..........................................
TOP

WORD SQUARE

MEDIA : * Buat kotak sesuai keperluan * Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
Sampaikan materi sesuai TPK
Bagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
Berikan poin setiap jawaban dalam kotak


CONTOH SOAL

Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …….
……. Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
Uang ……. Saat ini banyak di palsukan
Nilai bahan pembuatan uang disebut …….
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …….
Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut …….
Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …….
Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …….
Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …….


T
Y
E
N
I
O
K
N
R
A
U
A
N
K
U
O
A
B
A
R
T
E
R
M
N
A
N
I
R
R
S
I
S
D
G
I
I
T
G
N
A
O
N
L
S
A
I
A
K
L
A
A
I
S
R
L
S
A
C
E
K
B
O
S
I
R
I
N
G
G
I
T
TOP

TEBAK KATA

MEDIA : * Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. * Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.

Langkah-langkah :
Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
Dan seterusnya
CONTOH KARTU
Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
Dimiliki oleh 1 orang
Struktur organisasinya tidak resmi
Bila untung dimiliki,diambil sendiri
     NAH … SIAPA … AKU ?

JAWABNYA :   PERUSAHAAN  PERSEORANGAN

LATAR BELAKANG TIMBULNYA KOPERASIINDONESIA
KATA KONSEP
Penjajahan                    UU Kep/stb NO 91 Tahun 1992
Penderitaan            Asas Demokrasi
Kemiskinan                    Ekonomi Rakyat
Solidaritas                     Alat Distribusi
Organisasi Koperasi        Asas Pancasila
Aria Wirya Atmaja        UUD 1995 Pasal 23
Bank Penolong & tabungan    UU No 12 Tahun 1997
Koperasi Simpan Pinjam    UU No 25 Tahun 1992
Budi Utomo          
Serikat Dagang Islam        Koperasi Konsumsi    

Tugas :
a.  Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat menurut pendapatmu sendiri. Secara ringkas harus mencangkup paling sedikit 4 kata dari daftar diatas dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang
b.    Kerja kelompok
    Diskusikanlah kalimat-kalimat anda apabila kalimat anda sudah benar
c.    Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan kembali untuk mendapatkan Kesimpulan
TOP

INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE

(LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
OLEH SPENCER KAGAN
Langkah-langkah :
Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
TOP

COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
(STEVEN & SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah :
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
Guru membuat kesimpulan bersama
Penutup