TOP

Aturan Terbaru Sertifikasi Guru

24 Desember 2010, Sering kali kita bimbang pada dilema yang ada. Aturan sertifikasi guru masih simpang siur. Namun setelah kami bertemu langsung dengan beliau Bapak Slamet (salah satu assor yang memberi penilaian dalam portofolio)menjadi lebih jelas. Beliau mengemukakan di hotel Sahid Jaya Solo pada saat penutupan diklat guru pemandu kab. Wonosobo pada bulan september kemaren tentang RPP, Sertifikat yang diakui dan PTK yang diakui.

Pada kesempatan itu, menurut beliau mengemukakan bahwa RPP yang akan dinilai adalah rpp yang ditulis dengan tangan, rpp yang dimaksud adalah lima rpp terbaik yang guru punyai.

Sedangkan sertifikat dapat diakui dalam penilaian sertifikasi adalah sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga atau instansi pendidikan terkait. Misalnya untuk tingkat kabupaten harus ada cap dan tandatangan kapala dinas kabupaten setempat pada sertifikat tersebut. Sarannya jangan sekali-kali menscan sertifikat milik teman akan didiskwalifikasi.

Pada kesempatan tersebut bapak Mulyadi (salah satu assesor PTK sertifikasi dan assesor kenaikan pangkat) beliau mengemukakan agar menambah poin PTK sebaiknya dipublikasikan dalam forum yang dihadiri minimal sejumlah 60 orang. Untuk lebih sahnya dilampirkan daftar hadir peserta tersebut. PTK haruslah orisinil, maksudnya pada PTK beliau menyarankan jangan sekali-kali mengcopy milik temannya. Dikarenakan akan didiskwalifikasi jika ketahuan menjiplak.

Dalam penyusunan portofolio haruslah dibuat secara jujur jangan diada-adakan. Saran dari para assesor diharapkan setelah guru tersertifikasi kinerjanya lebih ditingkatkan. Berikan perobahan secara mendasar misalkan dalam pertemuan di kelas diharapkan tidak hanya memakai satu metode saja. Metode yang digunakan sebaiknya metode yang tepat dan sesuai pada saat materi tersebut diajarkan. Ada sebuah asosiasi yang mengemukakan metode adalah gembok, ada gembok yang mudah dimasuki lebih dari satu kunci ada gembok yang hanya dapat dimasuki satu kunci, gembok yang bagus adalah gembok yang hanya dapat dimasuki satu kunci. Jadi metode yang baik adalah metode yang khusus pada saat pembelajaran berlangsung.

0 komentar: