TOP

LAPORAN KAJIAN KRITIS 2

WASPADAI GEJALA KANKER MULUT
Karya PROF. DR. Dr. MELANIE S. DJAMIL, M. BIOMED.
Oleh  Yayah F.R


PENDAHULUAN
    08/03/11, Tulisan ini menyajikan sebuah kajian  tentang kesehatan, secara khusus yakni kesehatan mulut. Dijelaskan secara terperinci tentang penyakit kanker mulut dengan ciri- ciri dan penyebabnya.
    Tulisan oleh Prof. Dr. Drg. Melanie S. Djamil, M. Biomed dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta yang dimuat di harian Joglosemar,terbit hari Jumat ,12 Nopember 2010 dipilih karena topik yang dimuat sederhana, namun sangat bermanfaat.
    Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari tulisan ini adalah : kita menjadi tahu tentang penyakit kanker  mulut, mengetahui gejala- gejalanya, sehingga bisa  mewaspadai hal- hal yang dapat menyebabkan gejala kanker mulut.

RANGKUMAN
    Gejala- gejala penyakit kanker mulut : Adanya benjolan di rongga mulut disertai bercak putih, rasa sakit serta luka atau sariawan yang tidak sembuh- sembuh, kesulitan menelan hingga sakit pada rongga mulut, jika memakai gigi tiruan menjadi tidak fit lagi, terjadi perubahan suara, kesulitan menggerakkan rahang, mengunyah dan menelan, kebas atau baal pada lidah atau bagian rongga mulut, pendarahan, dan penurunan berat badan.
    Penyebab penyakit ini adalah jamur yang tumbuh karena  beberapa hal diantaranya:  gaya hidup yang buruk misalnya merokok, konsumsi alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji, pemakaian obat- obatan tertentu dalam waktu lama.Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara menggosok gigi secara teratur utama sebelum tidur dan pola hidup sehat.

KRITIK
    Artikel ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan. Sedikit kelemahan dari artikel ini adalah tidak menjelaskan pengobatan atau tindakan kuratifnya.

SIMPULAN
    Dengan membaca dan mengkaji tulisan ini  kita menjadi tahu dan jelas tentang penyakit kanker mulut sehingga kita bisa melakukan tindakan preventif sekaligus kuratifnya, karena dengan begitu dapat menambah harapan hidup lebih panjang.

REFERENSI
    Artikel Tips Sehat “ Mencegah Kanker Mulut “ harian Joglosemar terbit hari Jumat 12 Nopember 2010 halaman 16.
       

2 komentar:

  1. Wah... latihan apa mau alih profesi di kesehatan ya mami...he...he.. bagus banget lho kritikanne.

  2. he.. he...