TOP

PANTAI JATIMALANG



13/09/2010, Pantai Jati Malang merupakan salah satu pantai andalan Purworejo, Jawa Tengah, selain Ketawang adalah pantai Jatimalang, pantai ini letaknya relatif lebih dekat dengan pusat kota lebih kurang 18 km serta luas areal sekitar 200 hektare, ke arah selatan pusat kota Purworejo tepatnya berada di ujung selatan kecamatan Purwodadi. Akses jalan menuju pantai Jatimalang adalah jalan alternatif pantai selatan yang menghubungkan Yogya – Cilacap. Sekarang sudah mulai dibangun dengan empat lajur jalan aspal yang mulus


Menurut sejarah, pantai ini pada tahun 1942 pernah dijadikan sebagai tempat pendaratan kapal yang mengangkut tentara Jepang. Hal ini dapat dimungkinkan karena disamping daerahnya sepi, Pantai Jatimalang sangat mudah dijangkau dan tidak begitu jauh dari pemukiman.

Pantai Jatimalang sebelumnya adalah pantai tempat berkumpulnya nelayan untuk berlayar dan berlabuh, artinya tempat ini adalah tempat untuk menjual ikan hasil tangkapan. Seiring dengan kebutuhan hiburan yang semakin meningkat maka pemda menata tempat ini agar tak hanya sebagai TPI (Tempat pelelangan Ikan) saja, melainkan sebagai tempat hiburan dan wisata.Saat ini pantai Jatimalang sudah dilengkapi tempat semacam cafe berkaraoke untuk sekedar berbincang-bincang dan makan, ada juga menara pandang untuk melihat keindahan hamparan pantai. Di sekitar pinggiran pantai ini telah dibangun gazebo oleh Pemkab Purworejo untuk tempat beristirahat para wisatawan yang mengunjungi lokasi ini.

Untuk sekedar bercengkerama sekeluarga, di tempat ini juga tersedia aula alam yang terbuka serta lumayan luas.Jadi, selain untuk berbelanja ikan murah, pantai Jatimalang merupakan alternatif tempat wisata murah meriah untuk warga sekitar Purworejo. Pandangan mata akan dimanjakan oleh keindahan, elok dan asrinya pemandangan alam pantai serta hamparan pasir yang memanjang. Deburan ombak Pantai Jati malang akan menghanyutkan problematika para wisatawan, sehingga wisatawakan terasa akan lebih fresh tentunya. Disamping itu pantainya juga masih bersih.

Pengunjung objek wisata ini ramai ketika musim libur panjang kenaikan kelas, kelulusan pada beberapa waktu lalu serta pada saat lebaran atau hari raya maupun pada saat tahun baru. Saat libur panjang tak kurang dari 2.000 wisatawan mengunjungi lokasi objek wisata ini.

Jarak dari kota Wonosobo tidak terlalu jauh kurang lebih 28 km sampai di kota Purworejo. Alternatif wisata ke pantai yang terdekat adalah Pantai Jati Malalang. Jadi untuk wisata pendidikan atau study tour sangatlah terjangkau ke lokasi tersebut. Dengan tidak mengurangi pentingnya pengenalan lingkungan alam pada anak. Itu semua merupakan salah satu usaha menghasilkan siswa yang berpotensi sebagai hasil dari pendidikan.

1 komentar:

  1. pantanya mirip pantai parang tritis ya..